Saturday, April 25, 2009

Nothing Lasts Forever

Uda kurang lebih seminggu Om Frans meninggal. Om Frans tetangga gue yg selalu gue liat seger dan sehat mendadak meninggal gara2 serangan jantung waktu jatuh di kamar mandi.

Om Frans seinget gue uda tinggal di komplek perumahan ini sebelom gue dateng sekeluarga menjadi penghuni. Yah bisa dibilang gue gede dengan ngeliat dia bertambah tua. Gue liat waktu anak-anaknya masi SMA lalu kuliah dan sekarang semua anak-anak uda menikah dan punya anak.

Yang gue tahu dia selalu keliatan bahagia. Pagi-pagi dia uda bangun dan duduk di teras depan rumahnya sama Tante Lis,istrinya. Ritual duduk-duduk di teras akan terulang lagi di sore hari dan itu terjadi setiap hari. Sampe gue mikir ni org idupnya enak bener, relax bgt...dan paling keliatan...dia kompak abis ama Tante Lis. Semuanya mereka lakukan berdua dari duduk-duduk ngobrol di teras ampe bersih-bersih halaman rumah mereka.

Beberapa hari sebelom Om Frans pergi, Tante Lis uda bolak-balik berkali-kali buat check up ke dokter krn sakit. Yg gue denger kalo ga salah ada masalah di lambungnya. Tapi siapa yg sangka justru yg ga sakit dan adem-adem aja justru yg duluan pergi.

Emang ga selamanya org bakal hidup terus. Akan ada waktunya masing-masing yg bakal ditempuh oleh setiap orang. Waktu yg misterius dan waktu yg cm diketahui oleh Tuhan. Emang betul jam terbang kita uda ada yg nentuin. Dan kita ga bisa ngelak dari 'kontrak jam terbang' yang kita punya meskipun kita ga pernah menandatangani surat kontrak apapun dengan perihal jam terbang.

Demikian juga dengan keseharian kita...ga selamanya kegitan kita sehari-hari akan kita lakukan dalam bentuk dan situasi yang sama. Tante Lis masi bisa tetep duduk-duduk di teras setiap pagi dan sore hari. Ritual yang sama yang uda dia jalanin selama bertahun-tahun. Hanya saja kali ini dia harus duduk sendirian...

Well, kalo ngomong masalah ending...akhir dr sebuah proses. Pertanyaan yg selalu muncul di kepala gue adalah 'apakah gue bakal nyesel dg smua yg uda pernah gue jalanin dlm proses 'jam terbang' gue? kan harusnya waktu itu gue begini bukannya begitu.' atau hadir sebuah pernyataan 'wah gue puas bgt gue uda ngelarin kontrak...uda maksimal bgt dan uda ga ad yg kelewat lg buat disesali'

No comments:

Post a Comment